Nasi Tuna Alpukat, Menu Alternatif dari Bahan Makanan Sisa

Rabu, 25 Januari 2017 - 06:30 WIB
Nasi Tuna Alpukat, Menu Alternatif dari Bahan Makanan Sisa
Nasi Tuna Alpukat, Menu Alternatif dari Bahan Makanan Sisa
A A A
JAKARTA - Jika bahan makanan di lemari es telah menipis, biasanya setiap orang hanya mengandalkan mi instan sebagai menu sarapan, makan siang, atau bahkan hingga makan malam. Padahal, mengonsumsi segala sesuatu yang instan bukanlah bagian dari gaya hidup yang sehat untuk diterapkan apalagi bagi anak-anak.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tersisa dan mengolahnya menjadi hidangan yang lezat dan sehat. Seperti menu Nasi Tuna Alpukat ini.

Dengan memanfaatkan bahan makanan sederhana seperti nasi, kacang kapri, tuna, dan alpukat, Anda sudah dapat menyajikan hidangan special yang menggugah selera untuk keluarga tercinta. Yuk, intip resep dan cara membuatnya dari Taste.com.au berikut ini!

Bahan-bahan:
125 gram beras putih atau beras merah, masak seperti biasa
75 gram kacang kapri, kupas, iris tipis
1/2 bh alpukat ukuran kecil, potong dadu
95 gram tuna kalengan, tiriskan airnya, tumis sebentar
1 bh daun bawang, iris tipis
2 sdm mayones
Garam dan merica secukupnya
Air secukupnya
1/2 sdt pasta wasabi (opsional)

Cara membuat:
1. Siapkan nasi dalam mangkuk, sisihkan.

2. Sementara itu, letakkan kacang kapri ke dalam mangkuk kemudian siram dengan air mendidih dan diamkan selama satu menit, tiriskan airnya kemudian siram kembali dengan air dingin, tiriskan kembali.

3. Campurkan alpukat, tuna, daun bawang, kacang kapri dan nasi ke dalam mangkuk, bumbui dengan garam dan merica, aduk hingga tercampur rata.

4. Sementara itu, campurkan mayones, wasabi dan air 1 sendok makan dalam mangkuk kecil, aduk rata. Sajikan nasi dengan saus mayones dan wasabi sesuai selera.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5995 seconds (0.1#10.140)